3 Komponen Dasar Pada Sensor Kran Air Otomatis

Kran air otomatis merupakan kran yang memiliki sensor khusus. Sensor tersebut bisa mendeteksi gerakan manusia sehingga mengeluarkan air tanpa perlu memutar kran atau memencet tombol. Pada umumnya, ada tiga komponen dasar pada pembuatan sensor kran air otomatis. Simak artikel ini jika Anda penasaran!

Komponen Dasar Pada Sensor Kran Air Otomatis

Berikut ini adalah komponen dasar pada kran air otomatis yang perlu Anda ketahui:

1. Kran

Komponen dari kran otomatis yang pertama tentu saja adalah bagian krannya. Meskipun bersifat otomatis menggunakan sensor, namun masih banyak kran air otomatis yang memiliki kran. Biasanya, hal tersebut bertujuan jika sensor dari kran rusak. Jadi, Anda tetap bisa menggunakan kran secara manual. 

2. Selenoid Valve

Komponen kedua merupakan komponen yang berperan penting pada kran air otomatis. Selenoid valve adalah katup yang digerakkan oleh energi listrik melalui solenoida. Komponen ini memiliki kumparan untuk menggerakkan piston. 

Piston tersebut digerakkan oleh energi listrik baik dari arus AC (Alternating Current) atau DC (Direct Current). Bagian ini memiliki lubang masukan, keluaran, dan exhaust

Fungsi lubang masukan yaitu sebagai tempat udara bertekanan masuk, sementara lubang keluaran untuk tempat tekanan angin keluar. Lalu, lubang exhaust berguna untuk saluran mengeluarkan udara bertekanan. 

3. Sensor PIR

Komponen terakhir pada kran air otomatis adalah sensor PIR (Passive Infra Red). Sensor PIR adalah sensor yang mendeteksi pancaran sinar infra red dari sebuah object. Sifatnya pasif sehingga tidak memancarkan sinar infra red.

Sensor akan mendeteksi radiasi dari berbagai objek. Misalnya ada manusia yang melewati sumber infra red, maka sensor akan memberikan perintah. Akurasi dari sensor PIR tergantung dari produk yang Anda beli. Jadi, pastikan membeli kran air otomatis yang berkualitas. 

Itulah pembahasan mengenai komponen-komponen pada sensor kran air otomatis. Pastikan membeli sensor berkualitas dari Kohler untuk mendapatkan fungsi sesuai keinginan. Brand satu ini menawarkan banyak model dan desain kran air otomatis. Selain itu, daya listriknya juga beragam seperti AC dan DC. Lihat semua model kran air otomatis Kohler di sini!


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *