Aktivitas untuk Perkembangan Otak Si Kecil

perkembangan otak anak

Pada usia 0-3 tahun, si Kecil akan mengalami proses pertumbuhan yang luar biasa cepat pada berbagai aspek. Di usia 1 tahun, mereka mulai belajar untuk berjalan yang kemudian dilanjutkan dengan belajar berbicara. Pada usia 2 tahun, kemampuan berpikir si Kecil tengah dalam perkembangan yang pesat, dimana mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sedangkan pada usia 3 tahun, otak mereka telah memproduksi milyaran sel serta triliunan koneksi yang membuat perkembangan otak anak semakin cepat.

Memaksimalkan Perkembangan Otak si Kecil

Otak manusia berisi milyaran sel otak yang pembentukan dan perkembangannya terjadi sejak anak berada dalam kandungan hingga mereka berusia dewasa. Semakin banyak perkembangan neuron dalam sel otak menandakan bahwa perkembangan otaknya meningkat. Sel-sel otak sendiri paling berkembang dan memiliki jumlah paling banyak di awal-awal usia manusia atau periode kanak-kanak. Jadi para orang tua bisa mengoptimalkan perkembangan sel otak dengan cara memberikan stimulasi yang tepat.

Memilih Aktivitas untuk Perkembangan Otak si Kecil

perkembangan otak anak
perkembangan otak anak

Salah satu cara mengoptimalkan perkembangan otak anak adalah dengan memberikan stimulasi berupa aktivitas-aktivitas positif. Berikut ini ada 4 aktivitas yang bisa Mam atau Pap berikan:

  1. Bermain musik

Bermain dan mendengarkan musik ternyata mampu membantu meningkatkan kekuatan pemrosesan sel-sel di otak. Hal tersebut yang kemudian membantu otak si Kecil lebih berkembang. Sebagian besar anak juga lebih mudah fokus belajar saat mendengarkan musik. Beberapa alat musik yang bisa coba dimainkan oleh si Kecil yaitu gitar mini, piano, seruling, harmonika, pianika, dan lain sebagainya. Pilihkan alat musik sesuai dengan usia si Kecil.

  1. Belajar bahasa

Belajar bahasa dapat membantu si Kecil untuk lebih mudah dan cepat dalam memahami sesuatu. Apabila mereka menguasai lebih dari satu bahasa maka sel otak bisa lebih kuat karena otak sibuk memilih bahasa yang akan digunakan.

  1. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik bisa berupa olahraga ringan atau aktivitas fisik lain. Si Kecil yang aktif bergerak biasanya memiliki banyak sel abu-abu di otak yang penting dalam konsentrasi, fokus, berpikir, proses visual, kemampuan memecahkan masalah, dan lain sebagainya.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *