Tips Membeli Perhiasan Berlian Asli Untuk Millenial

Perhiasan Berlian Asli

Siapa sangka, 2/3 pembeli perhiasan berlian asli di dunia terdeteksi sebagai millenials. Ya betul sekali, hari ini pasar perhiasan tidak lagi didominasi oleh generasi tua. Hari ini, banyak anak muda yang mapan secara ekonomi sehingga mampu membeli apapun yang diinginkan, salah satunya yaitu perhiasan mahal yang terbuat dari berlian asli. 

Namun sayangnya, pembeli muda ini sering membeli perhiasan yang tidak cocok. Hal tersebut disebabkan karena karakter millenials yang selalu terburu-buru dan juga tidak mengenali berlian di dunia nyata. Ya, kebanyakan pembeli berlian pemula hanya mengenal berlian di dunia maya, tanpa pernah mengeceknya di toko offline. Nah bagi kalian para millenials, sebaiknya cek beberapa tips berikut ini agar tidak salah beli!

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

source: https://www.mondialjeweler.com/uploads/product_categories/head_web-05-min_5.jpg

  • Jangan Terburu-buru

Karakter millenial yang selalu menggebu-gebu, justru dapat menjadi blunder saat akan membeli perhiasan berlian asli. Ya, karena terlalu tergesa-gesa, anak muda biasanya membeli perhiasan berlian dengan spesifikasi yang tidak cocok. Misalnya, millenial lebih cocok memakai cincin berlian model hallo, namun ternyata malah membeli cincin berlian model classic solitaire. 

Jadi saran bagi para anak muda, berpikirlah lebih jernih saat akan membeli perhiasan. Coba lakukan riset pasar terlebih dahulu, dan lalukan komparasi beberapa produk. Setelah beberapa saat melakukan observasi, Anda akan menemukan perhiasan berlian yang benar-benar cocok dengan diri Anda. 

Bagi millenials, tak perlu jauh-jauh untuk menemukan referensi perhiasan berlian. Cek saja di Instagram, maka Anda bisa menemukan banyak sekali feed yang menunjukan perhiasan berlian. Jika Instagram kurang worth it menurut Anda, maka Anda bisa mengecek beberapa website toko perhiasan seperti Frank & Co. Nah lewat website Frank & Co. ini, Anda bisa menemukan banyak sekali produk perhiasan. Misalnya seperti koleksi Frank Fire yang bisa menjadi acuan bagi Anda untuk menentukan mana yang terbaik. 

  • Belilah Perhiasan Berlian Dengan Sertifikat

Banyak millenial yang membeli perhiasan berlian palsu karena tergiur dengan harga murah. Ya betul sekali, banyak seller nakal yang menjual berlian tanpa sertifikat dan setelah dicek ternyata memang palsu. Jadi bagi millenial, alangkah lebih baik mengecek apakah produk perhiasan sudah memiliki sertifikat atau belum. Sertifikat yang paling umum dan paling trusted tentunya yaitu sertifikat GIA (Gemological Institute of America). 

Nah jika perhiasan sudah menyematkan sertifikat GIA, maka tidak perlu diragukan lagi originalitas dan kualitasnya. GIA sendiri merupakan laboratorium paling terpercaya yang mengeluarkan sertifikat. Setiap berlian dengan lebih dari 1 karat, maka akan langsung dilabeli dengan sertifikat GIA. 

  • Perhatikan Setting Rangkanya

Saat membeli anting, gelang, atau cincin berlian, anak muda biasanya fokus pada batu berlian daripada elemen lainnya. Padahal fokus pada batu mulia saja tidaklah cukup. Ada elemen lainnya yang mesti diperhatikan yaitu setting rangkanya. Perlu millenials ketahui, terdapat beberapa jenis frame pada perhiasan berlian. Beberapa diantaranya yaitu bezzel, flush, dan prong.

Pastikan Anda memilih setting yang paling sesuai dengan selera Anda. Selain itu, perhatikan pula bahwa setting rangka ini mesti mampu menahan berlian dengan kokoh. Misalnya seperti setting rangka prong, jika lepas satu prong-nya, maka berlian dapat dengan mudah terlepas dari cincin.

Nah itulah beberapa tips membeli perhiasan berlian asli untuk millenials. Jangan sampai Anda membeli produk yang salah ya. Pastikan Anda riset dulu sebelum membeli anting, cincin, atau gelang berlian asli!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *